Nasional

Beginilah suasana shalat Idul Adha di Pondok Pesantren Al-Zaytun

Suasana sholat Ied 1444 H di Pesantren Al-Zaytun, Indramayu, Jawa Barat dibagikan di media sosial saat cuplikan video ini diunggah oleh pengguna akun Instagram @kepanitiaanalzaytun Kamis (29/6/2023).

Dalam video singkat ini, Panji Gumilang selaku kepala sekolah Islam terbesar di Asia Tenggara terlihat sedang memimpin salat berjamaah.

Dalam video tersebut, jamaah pria dan wanita dipisahkan. Sebelumnya, Panji Gumilang telah menyatukan jemaah putra dan putri dalam satu baris.

Hanya saja, antrean salat berjamaah di Al-Zaytun kali ini tampak jauh lagi. Ini tidak biasa, karena shaf yang digunakan dalam shalat berjamaah biasanya disatukan. Hukum gangguan ini sudah ada di Al-Zaytun sejak lama.

Seperti diketahui, Pesantren Panji Gumilang dan Al-Zaytun saat ini tengah menjadi sorotan publik ketika pesantren yang memiliki ribuan santri ini diduga sebagai tempat penyebaran ajaran sesat dan terkait dengan Negara Islam. Indonesia (NII).

Panji Gumilang dan Al-Zaytun mulai menarik perhatian ketika para santri mengikuti berbagai prinsip yang bertentangan dengan syariat Islam. Selain berjamaah laki-laki dan perempuan, cara shalat di sini bukan kiblat melainkan menghadap ke timur.

Tak hanya itu, Panji Gumilang terang-terangan meragukan Alquran. Dia mengatakan bahwa Nabi Muhammad menulis kitab suci, bukan wahyu langsung dari Allah.

Meski menyebarkan ajaran sesat, Panji Gumilang dianggap sebagai nabi baru yang diutus setelah Nabi Muhammad. Ribuan mahasiswa menghormati dan mendukungnya

Baca Juga:  Oknum Perwira Brimob Bejat Yang Perkosa Gadis ABG Bareng 10 Pria Lainnya Di Parimo