Teknologi

Bedanya Sensor dan Piksel Kamera Terbaik Di HP

Salah satu yang menjadi pertimbangan dalam membeli HP adalah kamera. Tahu akan keinginan konsumen, para produsen kemudian memberikan inovasi termutakhir, dalam hal sensor dan besaran piksel. Di 2023, mulai banyak pabrikan HP yang menggunakan sensor berukuran 1 inci (1-inch sensor). Sensor jumbo itu mampu menangkap lebih banyak cahaya dan mereduksi noise untuk penjepretan malam hari.

Di sisi lain, perang besaran megapiksel (MP) pun tak ada habisnya. Rasanya belum lama pabrikan HP memperkenalkan kamera 50MP, lalu tiba-tiba sudah heboh kamera 64MP dan 108MP. Tahun lalu, kamera 200MP mulai diperkenalkan dan menjadi populer untuk HP kelas premium. Banyak yang beranggapan bahwa megapiksel besar membuat kualitas foto yang dihasilkan makin mumpuni.

Hal ini tentu tak salah. Pasalnya, megapiksel berpengaruh terhadap detil gambar yang dapat diambil oleh sensor kamera. Makin besar megapikselnya, maka gambar bisa diperbesar tanpa membuatnya pecah. Sehingga, jika ingin mencetak gambar di billboard atau memasangnya di layar besar, tentu diperlukan megapiksel jumbo agar hasilnya tetap tajam.

Berikut ini penjelasan soal beda antara sensor dan piksel, serta fungsi masing-masing, dirangkum CNBC Indonesia, Rabu (15/3/2023) dari berbagai sumber. Secara harafiah, sensor bertugas untuk mengubah gambar yang ditangkap oleh lensa. Sensor memiliki beragam ukuran dan tersusun atas berbagai sel yang merepresentasikan piksel.

Di dalam sensor, terdapat prosesor yang akan mengubah tangkapan cahaya yang masuk menjadi warna. Hasil dari seluruh sel sensor kemudian disatukan dan membentuk kesatuan gambar yang utuh. Ukuran sensor menentukan banyaknya tangkapan cahaya yang masuk. Untuk itu, dengan jumlah piksel yang sama, sensor berukuran lebih besar akan menghasilkan kualitas gambar lebih mumpuni.

Biasanya, besaran ukuran sensor akan menentukan besaran ukuran lensa. Nah, lensa yang besar akan memiliki aperture (bukaan) yang lebih besar pula. Aperture ini adalah penyimpan cahaya, sehingga masuk akal jika sensor yang besar akan menghasilkan kualitas foto low light yang lebih baik.

Baca Juga:  Apple Resmi Rilis Produk Baru Kacamata AR/VR Dengan Harga Rp 52 Juta

Beberapa HP yang memiliki sensor 1 inci antara lain Vivo X90 Pro dan Xiaomi 13 Pro. Saat ini, HP yang beredar di pasaran sudah ada yang punya kamera 200MP. Satu megapiksel setara dengan 1 juta piksel, yakni kotak-kotak kecil yang disusuh menjadi suatu gambar. Makin banyak pikselnya, makin tinggi resolusi gambar yang dihasilkan. Artinya, kerapatan gambar memungkinkan pembesaran (zoom) berkali-kali lipat tanpa membuat foto pecah.

Keuntungan lain dari jumlah piksel yang banyak adalah kemampuan untuk menggabungkan beberapa piksel kecil menjadi 1 piksel besar atau istilahnya ‘pixel binning’. Dengan ukuran per piksel yang lebih besar, akan membantu penangkapan cahaya yang lebih mumpuni dan pemrosesan gambar lebih baik meski ukuran sensornya tak terlalu besar.

Misalnya saja, pixel binning pada kamera beresolusi 200MP yang mampu mengombinasikan 4 piksel untuk gambar beresolusi 50MP dan 16 piksel untuk gambar 12,5 piksel. Beberapa HP yang punya kamera beresolusi jumbo 200MP adalah Samsung Galaxy S23 Ultra, Motorola Edge 30 Ultra, dan Xiaomi 12T Pro.

Jika harus memilih, tentu kedua hal ini memiliki peran yang penting. Hanya saja, sensor fisik berukuran besar bisa menghasilkan data RAW gambar yang lebih apik. Kemampuan bokeh dari bukaan yang besar juga akan lebih baik tanpa harus beralih ke mode ‘Portrait’. Untuk performa low light, ukuran sensor yang lebih besar akan secara otomatis menangkap cahaya yang lebih banyak.

Namun, kualitas serupa juga bisa didapatkan dari megapiksel yang banyak dengan berbagai pemrosesan yang didukung. Perlu dicatat, kualitas gambar yang baik juga membutuhkan prosesor gambar yang mumpuni untuk menentukan kekayaan warna dan akurasi tekstur. Dalam hal ini, tiap pabrikan HP punya style berbeda sehingga hasil fotonya sangat tergantung dengan selera masing-masing.

Baca Juga:  Banyak Perusahaan Raksasa Video Game Yang Mundur Dari E3 2023