Teknologi

Apple Akan Segera Merilis iOS 17 Dengan Update Besar Untuk iPhone

Apple sedang bersiap merilis iOS 17 yang akan menjadi update besar untuk iPhone tahun ini. Sepertinya update sistem operasi ini akan membawa banyak fitur baru yang sudah dinanti pengguna. Menurut laporan jurnalis Bloomberg Mark Gurman, Apple awalnya tidak berencana menghadirkan perubahan besar-besaran di iOS 17. Rencananya, iOS 17 hanya akan fokus menghadirkan peningkatan performa dan perbaikan bug, mirip seperti strategi Apple saat merilis Mac OS X Snow Leopard.

“Harapannya adalah untuk menghindari masalah iOS 16, update ambisius yang terhambat tenggat waktu yang terlewat dan awal yang bermasalah,” tulis Gurman dalam cuitannya di Twitter, seperti dikutip dari Mashable, Selasa (28/3/2023). Namun di tengah proses pengembangan Apple tiba-tiba berubah haluan. Gurman mengatakan iOS 17 akan hadir membawa beberapa fitur yang ‘bagus untuk dimiliki’.

Gurman menambahkan tujuan peluncuran iOS 17 adalah menghadirkan fitur yang diminta banyak pengguna. Namun belum diketahui fitur-fitur apa saja yang dimaksud. Kabar ini langsung mendorong fanboy Apple untuk membuat wishlist fitur yang ingin mereka lihat di iOS 17. Mulai dari kontrol volume yang terpisah untuk media, alarm, dan lain-lain sampai opsi untuk sideloading aplikasi dari luar App Store.

Sideloading sendiri menjadi salah satu isu paling kontroversial di kalangan eksekutif Apple. Namun menurut laporan Bloomberg tahun lalu, Apple sedang berencana mengizinkan toko aplikasi alternatif di iPhone dan iPad untuk mengikuti aturan Uni Eropa yang akan berlaku tahun 2024.Sama seperti update sistem operasi Apple sebelumnya, iOS 17 kemungkinan akan dipamerkan di ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) pada bulan Juni mendatang.

Dalam event ini sistem operasi Apple lainnya juga akan tampil seperti watchOS 7, tvOS 17, dan macOS 14. Selain sistem operasi, Apple juga diprediksi akan memamerkan satu perangkat yang sudah lama dinanti yaitu headset mixed reality. Perangkat ini sudah dipamerkan di depan eksekutif Apple pekan lalu, yang mengindikasikan peluncurannya tidak akan lama lagi.

Baca Juga:  Spesifikasi Smartphone Baru Redmi Note 12 Turbo Harry Potter