Teknologi

AirPods Apple Akan Jadi Alat Kesehatan Telinga

Di masa mendatang AirPods Apple tak hanya sekedar untuk mendengarkan musik tapi juga akan menjadi alat kesehatan bagi penggunanya. Melansir dari MacRumours, Selasa (14/3/2023) dalam edisi buletin terbaru ‘Power On’ Mark Gurman dari Bloomberg mengatakan bahwa dirinya meyakini jika Apple akan meningkatkan kemampuan Airpods menjadi alat kesehatan dalam waktu satu hingga dua tahun ke depan. Sebuah kemampuan untuk mendapatkan semacam data pendengaran.

Sebelumnya Apple telah menambahkan beberapa fitur yang berfokus pada pendengaran dalam beberapa tahun terakhir seperti Live Lister dan Conversation Boost. Namun Gurman mengatakan bahwa kedua fitur tersebut belum disetujui oleh FDA (Food and Drug Administration) sehingga kedua fitur ini belum bisa dianggap sebagai pengganti alat bantu dengar.

Mengingat tujuan Apple adalah kesehatan, ia mengharapkan AirPods fitur-fitur tersebut dapat menjalankan fungsi semacam ini lebih serius dan diluncurkan resmi dalam waktu dekat. Sementara itu analis Apple Ming-Chi Kuo sebelumnya tengah menyoroti niat Apple untuk menambahkan kemampuan pemantauan kesehatan biometrik ke model AirPods di masa depan.

Pengajuan paten Apple telah dijelaskan sistem pemantauan kebugaran berbasis earbud yang mengintegrasikan sensor biometrik canggih untuk mendeteksi metrik fisiologis termasuk suhu, detak jantung, tingkat keringat, dan lainnya melalui kontak kulit dan melalui sensor gerak bawaan. Apple’s Vice President of Technology Kevin Lynch, juga mengisyaratkan bahwa AirPods bisa menjadi sumber data kesehatan tambahan di masa mendatang.

Kemampuan kesehatan pendengaran baru tidak harus bergantung pada rilis AirPods baru, karena model saat ini sudah berisi speaker dan mikrofon untuk mendukung fitur tersebut dan mereka dapat didorong ke perangkat yang ada melalui pembaruan firmware.

Baca Juga:  Program AI Baru Pengolah Teks Jadi Gambar, Midjourney Pesaing Dall-E