SELEBRASI CINTA: “TIADA KATA TERLAMBAT UNTUK UNGKAPKAN CINTA”


Pada tanggal 16 Maret 2017, Bengkel Sastra UNJ mengadakan sebuah acara pameran puisi bernama “Selebrasi Cinta”. Acara ini sudah pernah diselenggarakan beberapa kali oleh Bengkel Sastra, dan kini Selebrasi cinta kembali dimeriahkan di Puri Lingua UNJ. Seperti slogannya, Bengkel Sastra menyuarakan kepada publik bahwa ungkapan cinta sesungguhnya tidak terpaut waktu. Orang-orang bisa mengungkapkan cintanya kapan saja melalui puisi, dan kali ini Bengkel sastra yang akan mewadahinya. Konsep ini juga dilatari dengan keputusan Bengkel Sastra yang menyelenggarakan acara ini sebulan setelah hari kasih sayang.



Selebrasi Cinta kali ini masih bertemakan tentang cinta, dengan subtema jatuh cinta dan patah hati, karena dua kondisi itu diyakini sebagai kondisi puncak cinta. Puisi yang dipamerkan pada pameran puisi Selebrasi Cinta adalah puisi yang dikumpulkan melalui email Bengkel Sastra yang dikirim oleh para penulis puisi yang ingin menuangkan rasa cintanya. Puisi juga dikumpulkan dari kotak puisi yang diletakkan di gedung Q UNJ. Selain puisi yang dikirimkan dan dikumpulkan, terdapat juga puisi kaget yang ditulis secara dadakan oleh orang-orang yang dimintai langsung untuk menuliskan puisinya satu hari sebelum acara pameran puisi berlangsung.


Para pengunjung pameran puisi Selebrasi Cinta tidak hanya datang untuk melihat pameran puisi, tetapi para pengunjung dapat langsung mengikuti vote puisi yang terdapat dalam pameran tersebut, dengan menggunakan stiker berbentuk hati yang dapat ditempel langsung pada puisi favorit pengunjung. Puisi yang diberikan stiker terbanyak  akan mendapat hadiah dari Bengkel Sastra dengan kategori puisi jatuh cinta terfavorit, puisi patah hati terfavorit, puisi kaget jatuh cinta terfavorit, dan puisi kaget patah hati terfavorit.





Selain puisi yang divote langsung oleh para pengunjung pameran puisi, Bengkel Sastra UNJ juga menilai langsung 400 puisi yang masuk untuk diseleksi menjadi dua puisi terbaik. Kategori puisi yang dipilih oleh Bengkel Sastra UNJ adalah puisi jatuh cinta terbaik dan puisi patah hati hati terbaik.
Berikut adalah puisi dari para pemenang puisi terfavorit dan puisi terbaik:


puisi jatuh cinta terfavorit

























puisi patah hati terfavorit


































puisi kaget jatuh cinta terfavorit



































puisi jatuh cinta terbaik


puisi patah hati hati terbaik


Selain pameran puisi, pada Selebrasi Cinta kali ini terdapat pula penampilan-penampilan anggota Bengkel Sastra, BEM jurusan-jurusan di Fakultas Bahasa dan Seni, dan komunitas di UNJ. Semua penampilan berkaitan dengan puisi cinta. Ada yang membacakan puisi dengan berbagai bahasa, menampilkan puisi tulisan sendiri, dan menampilkan musikalisasi puisi. Bahkan, ada yang maju ke atas panggung untuk mengungkapkan cintanya secara langsung. Tak hanya itu, terdapat pula diskusi penulisan puisi bersama Helvy Tiana Rosa dan Watipu, dan di penghujung acara terdapat penampilan dramatic reading dengan lakon Pengakuan karya Utuy Tatang Sontani yang disutradari Mussab Askarulloh.


Cinta butuh diselebrasikan, dan cinta akan semakin indah jika diselebrasikan dengan puisi. Sampai jumpa di Selebrasi Cinta tahun depan!





Rista Trihandayani

Bengkel Sastra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar